Rusia Kritik Kunjungan Pompeo ke Tepi Barat dan Golan yang Dijajah

Rusia mengkritik keras kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Pemukiman Penjajah Zionis di Tepi Barat yang dijajah dan Golan Suriah yang dijajah.

“Kami memandang hal ini sebagai bukti lebih lanjut dari pengabaian jelas Amerika Serikat terhadap prinsip-prinsip hukum yang diakui secara internasional untuk menyelesaikan konflik di Timur Tengah,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dalam jumpa pers yang dia adakan hari Jumat (27/11), saat mengomentari kunjungan Pompeo.

Diplomat Rusia tersebut menjelaskan bahwa kunjungan Pompeo, “dilakukan dalam upaya pemerintah Amerika untuk memberikan legitimasi kepada berbagai pemukiman ilegal Penjajah Zionis,” sambil ditekankannya bahwa hal ini bertentangan dengan Piagam PBB dan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Zakharova menegaskan bahwa sikap mendasar Rusia menetapkan bahwa “tidak ada legalitas bagi pemukiman di daerah-daerah jajahan negara Penjajah Zionis sejak tahun 1967,” ditambahkannhya bahwa: “berangkat dari hal ini kegiatan semacam itu dapat menghalangi upaya bagi dimulai kembalinya proses negosiasi yang bertujuan untuk membangun perdamaian yang adil, berkelanjutan dan komprehensif di Timur Tengah.”

———-

Sumber: www.palinfo.com, terbit: Jumat 27 November 2020, jam: 18.30.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *